Selasa, 13 April 2010

"3 pohon dan 3 benda"

Penulis ingin skali memberikan sedikit informasi walaupun tidak berdasarkan reverensi yg begitu kuat,tapi penulis ingin mengimplementasikan pemahaman secara obyektif dan berdasar pada riset kecil yg terbatas dari perjalanan perjalanan pngalaman penulis saja,dan sdikit membaca buku.

Untuk itu penulis ingin memberikan suatu artikel yaitu:

I. Ada 3 pohon yg sangat dekat dengan orng melayu.

II.Ada 3 benda yg menjadi acuan peradaban bagi orang melayu zaman dahulu yg pindah atau meninggalkan kampung atau hilang karna alam atau perang,di pandang dari sudut pandang yg sangat mendasar.

Penjelasan artikel pertama :

I.Ada 3 pohon/tanaman yg sangat dekat dengan orng melayu adalah :.

1.pohon kelapa.
2.pohon asam jawa.
3.pohon/tanaman kunyit.

1.Pohon kelapa :

sangat bnyak manfaatnya,dr daun dan akarnya sangat membntu dan bnyak menghsilkan sesuatu yg berhubungan dgn makanan orng-orang melayu.contoh daunnye bisa dibuat daun ketupat,lemang,dan lainnnya sedangkan sabot dan tempurungnye bisa dibuat bahan baku untuk membakar kueh mueh,membakar ikan,dan memasak yg lainnnya.

2.pohon asam jawa:

Pohon asam jawa.karna orang melayu identik dgan masakan asam pedasnya.maka pohon yg satu ini banyak membntu nenek moyang atau orng2 pd zaman dahulu,karna apa jadinya jika tidak ada asam jawa hilanglah ciri khas dari makan melayu yang satu ini,dan yang pasti tanaman ini pasti ada yang menanam dibelakang rumah dan bijinya banyak tersebar setelah orng selesai merendam asam jawa yg masak dengan air.

3.pohon/tanaman kunyit

Pohon /tanaman kunyit.orang orang melayu identik dengan ikan laut,kerang kerangan udang pokoknya yang berhubungan dgn laut,jadi orng jaman dahulu memanfaatkan kunyit sebgai penghilang bauk amis pada ikan dan hewan laut lainnya.dan banyak ditanam juga di persekitaran rumah.selain itu kunyit sangat identik dgn makanan singgang ikan khas makanan melayu..

Bersambung....edisi I .(.tgl 9 des 09 ).

"Sebelum bersambung maaf jika ada ksamaan tokoh..."


II.Ada 3 benda yg menjadi acuan peradaban bagi orang melayu zaman dahulu yg pindah atau meninggalkan kampung atau hilang karna alam atau perang di pandang dari sudut pandang yg sangat mendasar.

pertama jika kita melihat atau menandakan bahwa suatu tempat itu pernah ada peradaban manusia dan pemukiman penduduk,dan telah berlang lama ,jika suatu pulau atau tempat dimana pun di tengah atau di pedalaman hutan.

maka cukup dilihat dari 3 benda yaitu:

1.Ada Pohon Kelapa
2.Ada Pohon Asam
3.Ada Makam

penjelasan dari artikel ke II adalah:

1.Ada pohon Kelapa

jika suatu pulau telah ditinggalkan penduduk atau kaumnya.boleh kita lihat dari Pohon kelapa yang ada di tengah -tengah pulau atau di tengah hutan,jangan lupa lihat tingginya biasanya di atas rata rata hingga tidak menghasilkan buahnya lagi.tunggulnya kadang masih bertahan.

2.Ada pohon asam.

jika suatu pulau telah ditinggalkan penduduk atau kaumnya,boleh kita lihat dari Ada tidak pohon asam yang masih tumbuh besar dan bertahan hidup,sisa sisa tanaman yg kuat dan tahan dmakan usia,karna kalau dilihat dari sisa -sisa bangunan orang melayu,pesisir perumahan orang melayu biasanya dibuat menggunakan kayu dan berbentuk panggung.Untuk diketahui bentuk dan model rumah melayu biasanya bisa dilepas lepas susunan rangka rumah jd,pada saat tertentu jika ingin pindah atau mau mencari posisi tempat tinggal baru bisa di lepas-lepas,dan juga biasanya di bawah pohon asam akan terdapat sisa-sisa kerang-kerangn atau sisa cangkang hewan laut yang lainnya.

3.Ada Makam.

sudah jelas makam merupakan suatu tempat yg tidak akan diganggu gugat dan akan sedikit aman karena makam akan dilindungi dan di hormati bagi suatu kaum,penulis disini menggambarkan makam dimaksud adalah sisa batu nisan yang akan di pakai maupu bentuk makam yag terbuat dari benda batu-batuan maupun kayu-yg keras atau yg masih kuat dimakan usia.

mungkin untuk sementara penulis memberikan gambaran dan uraian yg sangat sederhana semoga dapat bermanfaat kelak,dan bisa saja menjadi bahan renungan.


Irwan/ pd note edisi II/09.Des 09

ket:Artikel
"Mudah-mudahan dapat bermanfaat"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar